Sistem Informasi dan Orang-orang
Tujuan Pembelajaran :
- Menjelaskan peran utama yang di mainkan sistem informasi.
- Membandingkan istilah data, informasi, pengetahuan, dan gambaran tiga karakteristik yang membentuk informasi yang berharga
- Menjelaskan empat komponen utama sistem informasi dan peran yang di mainkan masing-masing.
- Mengidentifikasi beberapa bidang bidang penelitian dalam disiplin sistem informasi manajemen (MIS).
- Memberikan contoh bagaimana pengelola bisnis, nirlaba, dan pemerintahan, serta teknologi informasi departemen, bergantung pada pengetahuan sistem informasi.
- Menjelaskan bagaimana sistem informasi menyajikan janji dan bahaya, dan mengajukan pertanyaan etis.
Pengantar
Bab pembukaan ini menyoroti sistem informasi dalam tindakan, sifat informasi itu sendiri, dan empat utama komponen dari setiap sistem informasi. Anda akan melihat caranya disiplin sistem informasi (IS) sedang berubah dan tumbuh, dan mengapa pemahaman yang kuat tentang subjek ini akan memberi Anda keunggulan kritis, apa pun jurusan atau karier Anda jalan. Akhirnya, bab ini membahas janji dan bahaya dari sistem informasi dan banyak masalah etika yang muncul dengan kekuatan fenomenal dalam jangkauan semua orang
Peran Utama Sistem Informasi dalam Organisasi
Ketika komputer besar itu pertama kali memasuki ruang bawah tanah perusahaan Pada tahun 1970-an, istilah sistem informasi memunculkan gambaran tentang program penggajian, buku besar, pelacakan faktur, dan inventaris pengelolaan. Fungsi back-office tersebut masih sangat penting, tapi hari ini informasi sistem memiliki bermigrasi menjadi setiap segi dari sebuah organisasi, menyentuh setiap karyawan dari petugas surat untuk itu CEO.
Mereka juga meluas baik luar perusahaan batas, mencapai di luar untuk pelanggan, klien, pemasok, mitra, warga, dan semua jenis dari pemangku kepentingan. Perangkat keras mereka mungkin seluas itu sebagai milik Google data pusat atau jauh lebih kecil dari Walmart tag palet. Dan koneksi mereka bisa menjadi tebal serat optik kabel di dasar laut atau elektromagnetik ombak di udara sekitar kamu.
1. Tantangan Manajemen
Setiap organisasi yang sukses harus unggul dalam manajemen operasi, yang melibatkan desain, operasi, dan peningkatan sistem dan proses yang digunakan organisasi untuk mengirimkan barang dan jasanya. Beberapa di antaranya berhubungan dengan beberapa fungsi yang sangat mendasar itu adalah bagian dari setiap bisnis. Sistem informasi sangat penting untuk melacak penggajian karyawan, pajak, manfaat, dan timesheets. Informasi akuntan sistem adalah penting untuk dilacak akun piutang, proses transaksi, untuk pengadaan barang dan jasa, dan untuk membayar itu pemasok.
Organisasi juga harus mengelola aset dan inventaris mereka, dari komputer dan meja tempat mereka duduk sangat besar pabrik dan peralatan berada di sudut yang jauh dari dunia. Eric Schmidt, mantan CEO dari Google, pernah berkomentar bahwa dia tidak tahu bagaimana banyak data memusatkan Google sebenarnya dikelola. Dia mungkin tidak melakukannya diketahui, tapi kantor belakangnya informasi sistem pasti melakukan. Bergantung pada misi mereka, organisasi juga membutuhkan sistem informasi untuk dikelola operasi khusus industri, seperti ini:
- Produsen membutuhkan sistem untuk mengelola jalur perakitan, kualitas produk, produksi jadwal, dan pengiriman pasokan tepat waktu (Gambar 1-2).
- Perguruan tinggi dan universitas membutuhkan sistem untuk mengelola catatan akademik siswa, kelas penjadwalan, tugas fakultas, dan bantuan keuangan siswa (Gambar 1-3).
- Perusahaan transportasi mengandalkan sistem informasi yang dilengkapi dengan GPS untuk melacak armada mereka, mengoptimalkan rute, dan menghemat bahan bakar.
- Perusahaan yang membeli produk dari pemasok di seluruh dunia membutuhkan waktu nyata pembaruan pada rantai pasokan global mereka untuk mengelola inventaris dan mengurangi biaya.
2. Mendukung Interaksi Pelanggan
Interaksi dengan pelanggan, klien, pelajar, pasien, pembayar pajak, warga negara, dan lainnya yang datang ke organisasi Anda menginginkan produk atau layanan adalah hal mendasar untuk sukses. Pelanggan Anda membayar tagihannya. Sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM), dibahas di Bab 5, membangun dan memelihara hubungan serta mendukung semua proses itu yang mendasari mereka. Sebuah toko ritel fisik, misalnya, membutuhkan sistem penjualan yang mengidentifikasi masing-masing produk di keranjang pembeli, menghitung totalnya, memasukkan data ke sistem inventaris, dan menerima berbagai jenis pembayaran.
Pembeli ingin pembayaran cepat, dan mereka mendapatkannya kesal oleh ceroboh, tidak efisien proses. Kapan item tidak memiliki kode batangnya, tidak sabar pelanggan mungkin tinggalkan saja itu lebih daripada menunggu untuk seorang pramuniaga untuk melacak itu turun. Strategi untuk mencegah pencurian, seperti itu sebagai itu memeriksa di bobot ditambahkan untuk itu tas, juga marah pembeli kapan mereka tidak berfungsi dengan baik.
3.Membuat Keputusan
Bagaimana seharusnya manajer restoran membuat keputusan seperti yang ada di Gambar 1-4? Manajer membuat keputusan setiap hari, dan banyak yang mengandalkan penilaian mereka sendiri. Faktanya, peneliti mensurvei 250 eksekutif dan mengetahui bahwa 40% dari perusahaan besar keputusan didasarkan pada insting. 3 Manajer yang cerdas, bagaimanapun, mengetahui informasi itu sistem mendukung data-driven pengambilan keputusan, yang menarik pada miliaran potongan dari data mengungkap tren penting dan pola.
Untuk contoh, sistem penjualan akan ditampilkan bagaimana banyak restoran membuat pada jam terakhir bisnis, dan itu data akan membantu Pengelola membuat keputusan yang bagus tentang tutup lebih awal. Kecerdasan bisnis mengacu pada semua informasi yang digunakan manajer untuk membuat keputusan, dan dapat berasal dari banyak sumber di luar sistem informasi organisasi itu sendiri.
4. Berkolaborasi Dengan Tim
Kolaborasi dan kerja tim mendapat dukungan yang cukup dari sistem informasi inovatif yang memungkinkan orang untuk bekerja bersama kapan saja dan dari mana saja. Terlepas dari mana mereka hidup dan bekerja, peserta dapat mengadakan rapat online, berbagi dokumen dan aplikasi, dan berinteraksi menggunakan mikrofon, kamera video, dan papan tulis. Dukungan situs jejaring sosial komunitas online dari orang-orang yang membuat profil untuk diri mereka sendiri, membentuk ikatan dengan orang lain dengan siapa mereka berbagi minat, dan membuat koneksi baru berdasarkan ikatan tersebut.
Kelompok sosial ini meledak dalam popularitas karena orang-orang memanfaatkan kesempatan untuk berbagi berita, foto, video, dan tidbits. Gambar 1-5 menunjukkan tingkat penggunaan untuk situs jejaring sosial yang lebih besar. Layanan yang menargetkan pengguna bisnis, seperti Microsoft's Sharepoint, menawarkan layanan berguna tambahan seperti berbagi kalender dan pengeditan dokumen grup. Keberhasilan besar jejaring sosial mendorong banyak perusahaan untuk meluncurkan eksperimen untuk melihat caranya kolaboratif mereka fitur dapat mendukung bisnis.
5. Mendapatkan Keunggulan Kompetitif
Sistem informasi memainkan peran yang paling berharga ketika mereka terikat dekat dengan strategi dan inisiatif utama yang akan membantu mencapai keunggulan kompetitif — a tema kita mengambil naik di Bab 2. Keunggulan kompetitif, yaitu apa saja memberikan perusahaan keunggulan atas para pesaingnya, dapat diperoleh melalui pengembangan dan penerapan dari inovatif informasi sistem. Informasi sistem adalah bagian fundamental dari Sebuah perusahaan strategis penglihatan. Memang visi itu sendiri sering dibentuk oleh apa sistem ini bisa mencapai hari ini dan apa adalah mungkin untuk masa depan.
Pertimbangkan bagaimana iPhone Apple melampaui pesaing ponsel cerdas dengan Siri, asisten pribadi yang cerdas. Siri menanggapi perintah yang diucapkan seperti “Beri tahu saya Saudaraku, aku akan terlambat, "dan juga menjawab pertanyaan seperti" Apa ada restoran Italia di dekat sini? " Pangsa pasar iPhone naik hingga lebih dari 50%, sebagian karena tidak ada ponsel cerdas lain yang memilikinya apa pun seperti Siri. Tetapi keunggulan kompetitif bisa cepat berlalu, dan IBM memiliki rencana untuk itu mengembangkan asisten pribadi supercharged untuk ponsel berdasarkan "Watson," the superkomputer yang mengejutkan dunia dengan mengalahkan dua juara Jeopardy. Waktu akan memberi tahu asisten pribadi mana yang paling banyak memenangkan hati.
6. Meningkatkan Produktivitas Individu
Alat untuk membantu orang meningkatkan produktivitas mereka sendiri berlimpah, dari smartphone itu menggabungkan panggilan suara dengan browsing web, database kontak, email, musik, dan game, ke banyak aplikasi perangkat lunak yang menghilangkan pekerjaan yang membosankan. Bahkan pengolah kata telah berubah kerja di setiap organisasi, dan banyak lagi siswa tidak sadar dari semua cara bahwa perangkat lunak dapat membuat mereka lebih produktif. Kamu bisa, untuk contoh, secara otomatis membuat dan tepat format anda istilah kertas referensi oleh mengintegrasikan bibliografi Pengelola seperti itu sebagai EndNote atau RefNote.
On line perpustakaan dan referensi database menawarkan tautan untuk ekspor itukutipan dalam format apa pun, jadi mengetik tidak perlu. Untuk meningkatkan produktivitas di bekerja, orang dapat memilih dari a berbagai macam komputer yang membingungkan perangkat lunak dan perangkat elektronik, tetapi lebih banyak belum tentu lebih baik. Kamu harus memilih dengan hati-hati, dengan sebuah mata ke fungsinya kamu paling dibutuhkan, kemudahan menggunakan, dan pendek kurva belajar. Tidak ada suka bacaan tebal petunjuk manual. Sepanjang buku ini, Anda akan melihat tip produktivitas dalam kotak seperti yang ada di ini halaman yang akan membantu Anda meningkatkan produktivitas Anda sendiri.
Sifat Informasi
Kecuali kata-kata seperti the, a, and, if, and it, kata informasi pernah menjadi salah satu yang paling banyak kata-kata umum di Internet. Tidak heran orang menyebut internet sebagai gudang “informasi”. Istilah informasi sangat penting untuk memahami bagaimana sistem informasi bekerja, tetapi bisa juga menjadi sangat licin. Fakta, data, kecerdasan, pengetahuan, bahkan tip adalah sinonim untuk informasi, dan semuanya menyentuh karakteristik dari "barang" yang dapat dikelola oleh sistem informasi. Untuk tujuan kita, syarat data mengacu kepada individu fakta atau potongan informasi, dan informasi mengacu untuk data atau fakta bahwa adalah dirakit dan dianalisis untuk Menambahkan berarti dan kegunaan.
Seorang pasien suhu tinggi tunggal bacaan di berjalan 24 jam klinik di Maryland adalah salah satunya data. Tapi masuk ke dalam klinik informasi sistem, dan digabungkan dengan itu pasien lain gejala dan sebelumnya medis catatan, Itu menjadi jauh lebih berharga sebagai diagnostik alat. Kami mendapatkan lebih banyak lagi dari satu pembacaan suhu ini dengan menggabungkannya dengan data dari pasien lain memasuki semua klinik minggu itu. Polanya mungkin memperingatkan wabah flu, atau bahkan epidemi besar. Staf kesehatan di Pusat Pengendalian Penyakit di Atlanta, Georgia, memanfaatkan data seperti ini untuk memetakan penyebaran penyakit dan mengambil tindakan cepat untuk melindungi masyarakat.
Komponen-Komponen
Sistem informasi, apakah itu jaringan kamera kecepatan, sistem penggajian perusahaan, atau layanan jejaring sosial, menyatukan empat komponen penting untuk dikumpulkan, diproses, mengelola, menganalisis, dan mendistribusikan informasi: (1) orang, (2) teknologi, (3) proses, dan (4) data

1. Orang
Desain, pengembangan, peluncuran, dan pemeliharaan sistem informasi apa pun melibatkan tim orang. Mereka memainkan sejumlah peran yang berbeda — sebagai visioner, pengembang, dan manajer sistem informasi, dan juga sebagai analis, penghubung, pengguna, pelanggan, kontributor, dan terkadang hambatan. Seringkali diremehkan, elemen manusia memainkan peran penting dalam keberhasilan atau kegagalan kebanyakan sistem informasi.
Manajer dan staf dari banyak departemen berpartisipasi pada tim dengan ahli teknologi untuk merancang sistem baru atau mengevaluasi sistem komersial itu mungkin bisa dibeli. Tim teknologi informasi biasanya bekerja sama dengan staf di pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan area fungsional lainnya untuk diluncurkan yang ramah pengguna, sistem yang berorientasi pada orang
Banyak sistem menarik dari kumpulan orang yang jauh lebih luas, yang melibatkan pengguna sebagai kontributor dan pengembang, bukan hanya pelanggan atau klien. Konten buatan pengguna (UGC), misalnya, membuat sebagian besar informasi dalam sistem seperti Wikipedia, eBay, Craigslist, YouTube, Facebook, dan Twitter. Sistem ini tidak akan ada tanpa kontribusi yang besar dari komunitas. UGC adalah unsur penting dalam Web 2.0, generasi kedua
2. Teknologi
Teknologi informasi (TI) meliputi perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi. ITU merupakan salah satu dari empat komponen sistem informasi, meskipun sering digunakan orang istilah secara bergantian. Rak demi rak server dalam data tanpa jendela Google pusat adalah contoh komponen ini, bersama dengan semua komputer desktop, laptop, netbook, tablet, ponsel, perangkat navigasi, kamera digital, pemindai, dan sensor. Apa pun yang mampu mengumpulkan, memproses, menyimpan, atau menampilkan elektronik data berpotensi menjadi bagian dari sistem informasi.
Organisasi dapat membuat aplikasi yang menjadi mitra, pemasok, dan pelanggan mereka dapat mengakses di mana saja di planet ini Telekomunikasi dan jaringan juga merupakan bagian dari TI, dan istilah informasi dan teknologi komunikasi (TIK) sering digunakan untuk merujuk pada koleksi yang lebih luas. Itu Peran utama komponen telekomunikasi adalah memindahkan sinyal elektronik dari satu sinyal tempat ke tempat lain, rutekan lalu lintas, dan tambahkan fitur untuk meningkatkan kecepatan transmisi, menghilangkan kebisingan, meningkatkan keamanan, atau menganalisis pola lalu lintas. Infrastrukturnya meliputi baik transmisi kabel maupun nirkabel.
3. Proses
Proses bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dirancang untuk mencapai suatu tugas. Organisasi menerapkan sistem informasi untuk mendukung, merampingkan, dan terkadang menghilangkan bisnis proses. Keputusan yang tak terhitung jumlahnya dibuat tentang bagaimana setiap proses harus beroperasi, apa aturan yang harus dipatuhi, bagaimana informasi harus ditangani dari input ke output, dan terutama bagaimana sistem informasi akan mendukung proses tersebut Manajer mengembangkan kebijakan yang mempengaruhi proses sistem informasi dan sistem dapat menegakkan kebijakan tersebut. Kategori kebijakan utama melibatkan keamanan.
Manajemen proses bisnis (BPM) adalah bidang yang berfokus pada perancangan, pengoptimalan, dan merampingkan proses, dengan mempertimbangkan elemen manusia. Analis melihat proses dari berbagai sudut untuk menimbang masukan dari semua pemangku kepentingan, menyarankan pendekatan inovatif yang memanfaatkan kekuatan sistem informasi, dan mengusulkan penyesuaian di setiap langkah. Perangkat lunak tersedia untuk mensimulasikan proses bisnis dan melakukan "bagaimana jika" percobaan untuk membantu analisis.

4. Data
Data adalah inti dari setiap sistem informasi, dan fakta mentah ini dapat menampilkan dirinya dalam berbagai bentuk dan bentuk. Data dari bahasa lisan menjadi sangat penting untuk ponsel cerdas dan teknologi lain yang menerima dan menganalisis perintah suara. VoicePrism, sebuah perusahaan berbasis Chicag yang menciptakan sistem informasi untuk menganalisis pola vokal, berfokus pada aliran data yang terkandung dalam percakapan telepon antara agen pusat panggilan dan pelanggan.
Meskipun kata-kata yang digunakan orang dalam percakapan ini mengungkapkan beberapa informasi tentang kualitas layanan, lebih banyak lagi dapat dikumpulkan dari nada suara, tempo, dan data nonverbal lainnya. Ketika pola vokal pelanggan menunjukkan tekanan emosional, memberi sinyal kepada manajer yang dapat melakukan intervensi untuk mencegah eskalasi lebih lanjut.
Sistem Informasi di Seluruh Organisasi
“Kami adalah organisasi relawan nonprofit. Kami tidak bisa menghabiskan uang untuk mahal overhead seperti IT, jadi apa gunanya? Kami tidak membutuhkan sesuatu yang mewah — cukup email dan pengolah kata. "Para siswa ini tidak menyadari bahwa permintaan akan orang-orang yang paham sistem informasi dan bagaimana sistem tersebut dapat berkontribusi pada seluruh organisasi sukses.”
Sistem Informasi dalam Bisnis
Sistem informasi mendasari sebagian besar aktivitas dan proses bisnis yang merangkai mereka melalui setiap unit bisnis fungsional, dari jajaran CEO hingga Departemen Pemasaran. Hampir semua orang menggunakan email, ponsel, dan Internet, dan sebagian besar juga mengandalkan banyak sistem informasi yang mendukung proses bisnis perusahaan. Inisiatif strategis yang melibatkan sistem ini dapat dan harus datang dari setiap sudut organisasi menyederhanakan proses, mengurangi biaya, meningkatkan pendapatan, atau meluncurkan "aplikasi pembunuh".
Contoh sebagai berikut: Seorang manajer pemasaran yang tahu bagaimana menganalisis data dari iklan online akan membuatnya keputusan yang jauh lebih cerdas tentang bagaimana membelanjakan anggaran pemasaran. Lalu ada juga seseorang profesional pengembangan bakat yang tahu bagaimana meluncurkan e-learning yang efektif modul akan menjangkau lebih banyak karyawan dengan uang yang jauh lebih sedikit, dibandingkan dengan pelatih yang membagikan pengikat tiga cincin di kelas tatap muka.
Sistem Informasi di Nonprofit dan Pemerintah
Sistem informasi juga akan menjadi penting. Namun, di beberapa organisasi ini, pendanaan untuk TI mungkin tidak menjadi prioritas utama. Beth Kanter, siapa membantu lembaga nonprofit mengadopsi TI, berkata, "Biasanya, relawan nonprofit Anda adalah 'pelaku' yang hanya menyampaikan pengalaman mereka secara langsung. " Tetapi Anda dapat memberikan kontribusi yang sangat besar untuk kesuksesan organisasi Anda dengan pengetahuan tentang sistem informasi.
contoh sebagai berikut : Pengumpul dana yang paling sukses tahu bagaimana memanfaatkan sistem informasi menganalisis preferensi dan motivasi calon donor. Menautkan demografis data dari Biro Sensus AS atau sumber lain membantu penggalang dana menargetkan mereka audiens dan mengembangkan kampanye yang jauh lebih efektif dibandingkan dengan mereka yang adil menyelimuti komunitas dengan kartu pos atau telemarketing.
Di Dalam Departemen TI
Unit bisnis yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengelola, dan mendukung sistem informasi adalah sering disebut "Teknologi Informasi", "Departemen Sistem Informasi," "Perusahaan Sistem Informasi, ”atau yang serupa. Di dalam departemen lebih terspesialisasi kelompok atau individu yang mengawasi area berbeda.
Pada gambar di bawah menunjukkan departemen hipotetis dengan beberapa subunit umum, tetapi ada banyak variasi. Misalnya, organisasi mungkin melakukan outsourcing beberapa tanggung jawab, bekerja dengan vendor untuk menyediakan layanan

Pada gambar di bawah menjelaskan fungsi subunit umum. Memimpin departemen ini adalah chief information officer (CIO), Wakil Presiden Sistem Informasi, atau judul yang serupa. CIO mungkin melapor langsung ke CEO atau ke wakil presiden lainnya — sering kali yang bertanggung jawab atas keuangan dan administrasi. Karakteristik apa yang dibutuhkan CIO?
Kemampuan kepemimpinan yang kuat, keterampilan komunikasi yang baik, dan pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi semuanya penting, meskipun CIO tidak perlu menjadi ahli di semua bidang teknologi. Relevan pengalaman dan latar belakang pendidikan dalam bisnis, sistem informasi, atau yang terkait lapangan juga sangat membantu. Sebagai eksekutif senior, tugas CIO tidak hanya untuk mengawasi departemen, tetapi juga untuk membantu membentuk tujuan strategis organisasi dan memastikan bahwa sistem informasi mendukung mereka.

Bekerja dengan CIO, terutama di organisasi besar dan perusahaan besar lebih banyak posisi staf dengan "kepala" di judul mereka, seperti yang ada pada gambar diatas. Peran mereka menjangkau aktivitas semua subunit TI dan, tentunya, seluruh organisasi. "Kepala" tampaknya telah menguasai TI, seperti yang terjadi di beberapa bidang bisnis lainnya. Bahkan "Ketua Petugas Kebijaksanaan "muncul.

Mempelajari bagaimana sistem informasi mendukung organisasi dan misi mereka menjadi penting untuk kesuksesan Anda. Memperoleh pengetahuan teknis untuk meningkatkan pengetahuan Anda sendiri produktivitas sama pentingnya. Buku ini akan membantu Anda melakukannya. Apakah Anda menghabiskan juga banyak waktu mencari dokumen? Dapatkah Anda dengan cepat menemukan nomor telepon saat Anda Membutuhkannya? Apakah Anda mengelola email dan pesan teks Anda secara efektif? Apakah kamu rindu tenggat waktu? Apakah Anda mengandalkan catatan tulisan tangan yang mudah hilang? Tips di setiap bab menyoroti cara-cara untuk memaksimalkan produktivitas pribadi Anda sehingga Anda dapat bekerja lebih cerdas, tidak lebih keras.
Janji, bahaya, dan masalah etika
Meskipun sistem informasi memiliki janji yang luar biasa, mereka juga menghadirkan risiko dan etika kekhawatiran, terutama karena efek amplifikasi. Pelanggaran privasi sering terjadi dan kerusakan dapat mempengaruhi jutaan orang. Reputasi juga lebih rentan karena pesan, apakah akurat atau tidak, bisa menyebar begitu cepat.
Menyelesaikan masalah etika, bahaya dan janji, system informasi
Misi perusahaan Google adalah untuk"mengatur informasi dunia" tugas yang menakutkan yang membentangkan imajinasi dan menjanjikan untuk menjadi pendakian yang menanjak. Namun sistem informasi memicu inovasi yang mengubah permainan setiap tahun, bahkan mengejutkan teknologi cerdas.
Pelanggaran Privasi dan efek amplikasi
Pelanggaran privasi menghadirkan risiko besar. Di Inggris Raya, misalnya, dua disk computer salah tempat oleh pegawai pemerintah. Piring-piring kecil berisi barang pribadi data, termasuk informasi rekening bank, pada 25 jutapenduduk, dan nilai pasar gelap mereka diperkirakan mencapai US $ 2,5 miliar. Peristiwa seperti ini, di mana sistem informasi memainkan peran sentral, dapat mengancam privasi dan keamanan jutaan orang.
Evaluasi
Cara sistem informasi modern memperkuat komunikasi apa pun dapat dilakukan dengan cara Anda sendiri reputasi dan mata pencaharian terancam Email apa pun yang Anda kirim atau foto yang Anda unggah dapat diteruskan atau diposting online untuk dilihat jutaan orang dan untuk pengacara untuk mengumpulkan sebagai bukti. Teks, foto, dan video yang diunggah ke situs jejaring sosial Anda dapat dengan mudah didistribusikan ke mana-mana audiens yang lebih luas di luar jaringan Anda sendiri.
Note :
Janji dan bahaya ini membuat studi tentang sistem informasi menjadi sangat penting bagi kita semua, di mana pun kita bekerja atau jenis pekerjaan apa yang kita lakukan. Kita semua berbagi tanggung jawab untuk memanfaatkan kekuatan sistem ini dan meminimalkan resiko mereka.
Nama Anggota Kelompok-13
1. Dina Avifa Aulia
2. Edgar Himawan Adipratama
3. Nabila Syifa Rachmadini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar